Pertemuan 1 Pengajian IPNU-IPPNU PAC KECAMATAN TARUMAJAYA

Kitab Rawa’i Al Bayan Tafsir Ayat Al Ahkam Min Al-Qur’an
Minggu, 16 Februari 2020

Oleh. Ahmad Lahmudin

المقـــدمة
الحمد لله الذي علّم بالقلم , علّم الأنسان مالم يعلم , والصلاة والسلام على البشير النذير , والسراج المنير , سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم الذي محا الله به ظلمات الجهل والكفر , وأزال معالم الوثنية والضلال , وأعلى به منار التوحيد والإيمان , وعلى اله وأصحابه شموس العلم والعرفان , والتابعين لهم بإحسان إلى يوم الدين .

Sesungguhnya persembahan terbaik yang diberikan oleh manusia adalah amal-amal baik. Sedangkan usaha yang terbaik adalah menyibukkan diri dengan kitab suci, Al-Qur’an. Allah telah jadikan Al-Qur’an sebagai cahaya bagi umat manusia. Al-Qur’an sebagai penutup risalah samawiyah. Juga sebagai anugerah yang tiada ternilai (QS An-Nisa: 174).
Allah SWT jadikan para penghapal Al-Qur’an sebagai lampu penerang umat. Rasulullah SAW menempatkan mereka di tempat mulia yang sudah semestinya diikuti jejaknya. Sabda Beliau:

أشراف أمتي حملة القران
Orang-orang terhormat dari umatku adalah para penghapal Al-Qur’an.

Rawa’i Al Bayan Tafsir Ayat Al Ahkam Min Al-Qur’an, adalah buah karya Syekh Muhammad Ali Ash Shabuni dengan model tafsir maudhui, tematik. Khusus membahas persoalan fikih di dalam Al-Qur’an. Terdiri dari dua jilid dengan gaya penulisan perpaduan antara ulama ‘salaf’ dan kontemporer. Ditulis sewaktu beliau menjadi staf pengajar di fakultas Syari’ah dan Dirasah Islamiyah Universitas Malik Abdul Aziz, Makkah.

Setiap tema yang dibahas mencakup seputar persoalan lafadz, ma’na ijmaly (global), sabab an-Nuzul, keterkaitan dengan ayat sebelumnya, qiroat mutawatir, i’rab, lathaif at-Tafsir (mendalam, penuh makna), hukum-hukum Syar’i, ringkasan, dan hikmah at-Tasyri’.

Akhirnya, pengarang menutup mukadimahnya dengan seuntai harapan. Semoga karyanya dapat bermanfaat teruntuk kaum muslimin. Menjadi simpanan kelak di hari akhir. Hari yang tidak lagi berguna harta dan keturunan. Terkecuali seseorang yang datang menghadap Allah dengan hati yang bersih.

والحمد لله فى البدء والختام .. وصلى الله على عبده المجتبى , ونبيه المصطفى , سيدنا ومولانا محمد وعلى اله وأصحابه وسلمْ تسليما كثيرًا والحمد لله رب العالمين .

Post Author: Administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *