Khutbah Idul Adha 1441 H – Berkurban, Menolong. Ditolong Allah!

Berkurban, menolong. Ditolong Allah!

Oleh. Ahmad Lahmudin

الله اكبر (٣x) الله اكبر (٣x) الله اكبر (٣x) ولله الحمد .
الحمد لله الذى جعل اليوم عيدا لعباده المؤمنين. اشهد ان لا اله الا الله الملك المبين. واشهد ان محمدا عبده ورسوله رحمة للعالمين. اللهم صل على محمد وعلى اله واصحابه وتابعين وتابعى التابعين ومن تبعهم باحسان الى يوم الدين .
اتّقُوا اللهَ حقَّ تُقاتِهِ ولا تَمُوتُنَّ إلّا وأنتم مسلمون .

Ma’asyiral Muslimin rahimakumulah …
Alhamdulillah, hari ini kita masih diberi kesempatan berada dalam suasana yang teramat istimewa, yaitu hari raya Idul Fitri 1442 H. Meskipun ujian pandemi wabah virus corona masih membayangi kehidupan keseharian kita. Shalawat dan salam selalu terkirimkan kepada baginda Rasulullah, Muhammad SAW.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumulah …
Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberikan anugerah kepada para hamba-Nya dengan menjadikan hewan seperti onta, sapi, kambing dan lainnya sebagai wasilah untuk mendekatkan diri kepada-Nya dengan cara dikurbankan.
Berkurban pada hari raya Idul Adha membawa manfaat yang besar bagi kehidupan di dunia serta ganjaran pahala di kehidupan akhirat kelak.
Allah perintahkan agar hewan kurban tidak hanya dapat dinikmati oleh pemilik hewan kurban. Orang yang dalam kondisi sulit sebab himpitan ekonomi sudah semestinya menjadi prioritas untuk menikmati hewan kurban pada hari raya Idul Adha ini.

فاذا وجبتْ جنوبُها فكلوا منها واطْعِموا القانعَ والمُعْتَرَّ

‘Kemudian apabila hewan kurban tersebut telah disembelih maka makanlah sebagiannya dan berilah makan orang yang merasa cukup dari apa yang Allah telah berikan kepadanya dengan tidak meminta-minta dan orang yang meminta’ (QS. Al-Hajj: 36)

Ma’asyiral Muslimin rahimakumulah …
Berkurban berarti mencari ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan berkurban kita telah melaksanakan perintah Allah. Dengan catatan harus diiringi dengan nilai takwa serta keikhlasan. Sebab amal perbuatan tanpa diiringi dengan ketakwaan dan keikhlasan ibarat jasad tanpa ruh, tanpa kehidupan.

لنْ ينالَ اللهَ لحومُها ولا دِماؤُها ولكن ينالُهُ التقْوى منكم

‘Daging hewan kurban dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu’ (QS. Al-Hajj: 37)

Ma’asyiral Muslimin rahimakumulah …
Dengan demikian, berkuran di satu sisi sebagai bentuk kepedulian kita kepada sesama, terlebih di masa pandemi virus corona yang belum kunjung usai saat ini yang berakibat kepada persoalan ekonomi yang kian membebani hidup. Bukankah kita tidak dikatakan beriman bila saja kita tidak ikut merasakan beban yang menghimpit sesama saudara kita yang muslim? Nabi bersabda;

والذى نفسِى بيده لا يؤْمن عبدٌ حتى يُحبَّ لأخيه ما يُحب لنفسه -متفق عليه-

‘Demi Dzat yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya, tidak sempurna iman seseorang sehingga ia dapat mencintai tetangga dan saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri’

Dalam hadis lain dikatakan;

من نَفَّسَ عن مسلمٍ كُرْبَةً من كُرَبِ الدنيا نفَّسَ اللهُ عنه كربةً من كرب يومِ القيامة , ومن يَسَّرَ على مُعْسِرٍ يسَّرَ اللهُ عليه فى الدنيا والأخرة –رواه ابو هريرة-

‘Barang siapa yang meringankan kesusahan orang lain di dunia maka Allah akan ringankan teruntuknya kesusahan kehidupan akhirat. Barang siapa yang mempermudah kepada orang yang fakir maka Allah akan permudah baginya di kehidupan dunia dan di kehidupan akhirat’

Ma’asyiral Muslimin rahimakumulah …
Mudah-mudahan kita bisa menjadi pribadi yang berkurban. Pribadi yang bertakwa serta ihklas membantu kepada sesama yang membutuhkan sehingga Allah mempermudah kita untuk menjalani setiap kesulitan yang ada di kehidupan dunia dan mempermudah pula untuk menjalani setiap kesulitan yang ada di kehidupan akhirat kelak.

اعوذ بالله من الشيطان الرجيم. بسم الله الرحمن الرحيم.
انا اعطيناك الكوثر. فصلِّ لِربِّك وانحَرْ. إنّ شانِئَكَ هو الأبْتَرُ.

‘Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus dari rahmat Allah’ (QS. Al-Kausar: 1-3)

بارك الله لى ولكم فى القران العظيم, ونفعنى واياكم بما فيه من الايات والذكر الحكيم, وتقبل منى ومنكم تلاوتَه انه هو السميع العليم. اقول قولى هذا واستغفر الله العظيم لى ولكم ولسائر المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فاستغفروه انه هو الغفور الرحيم.

Marji;

  1. Rawai’ul Bayan, Tafsir Ayatil Ahkam minal Qur’an, Syekh Muhammad Ali Ashobuni, Juz I, hal. 609-618
  2. Subulus Salam, Sayid Imam Muhammad Ismail Al-Kahlani, Juz IV, hal. 165-169.

Post Author: Administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *