Macam Ragam Bacaan (Pertemuan ke-37)

Pertemuan ke-37

وجوه القراءات
Macam ragam bacaan

Pengajian IPNU-IPPNU PAC KECAMATAN TARUMAJAYA
Kitab Rawa’i Al Bayan Tafsir Ayat Al Ahkam Min Al-Qur’an
Minggu, 15 Nopember 2020

Oleh. Ahmad Lahmudin

وجوه القراءات
Macam ragam bacaan

  1. Jumhur (mayoritas ulama) membaca (مَا نَنْسَخْ مِنْ ﺁيَةٍ ), dengan harkat fathah huruf Nun, berasal dari Fi’il Madhi نَسَخَ , termasuk ke dalam golongan Fi’il Tsulasi (asal hurufnya tiga). Ibnu ‘Amir (nama lengkapnya Abu ‘Imran Abdullah bin ‘Amir bin Yazir bin Tamim bin Rabi’ah al-Yahshubi), membaca (نُنْسِخْ ), dengan harkat dhommah huruf Nun dan harkat kasrah huruf Sin, berasal dari Fi’il Madhi أَنْسَخَ , termasuk ke dalam golongan Fi’il Ruba’i (asal hurufnya tiga dengan mendapat tambahan Hamzah).

    Syaikh at-Thabarsi berkata, “Tidak menutup kemungkinan keberadaan lafaz أَفْعَلَ satu arti dengan lafaz فَعَلَ , seperti lafaz بَدَأَ dan أّبْدّأَ, وَحَلَّ مِنْ إِحْرَامِهِ وَأَحَلَّ . Atau ditambahkan huruf Hamzah yang berfungsi untuk memindahkan Fi’il Lazim kepada Fi’il Muta’addi, seperti ضَرَبَ (dia memukul) dan أَضْرَبْتُهُ (saya memukulnya). Pendapat yang benar adalah pendapat yang pertama, yaitu نَسَخَ dan أَنْسَخَ merupakan dua bahasa yang memiliki satu arti meskipun berbeda lafaznya. Perkataan seseorang yang membaca fathah huruf Nun kalimat نَسَخَ menunjukkan kepada kelebihjelasan.
  1. Jumhur (mayoritas ulama) membaca نُنْسِهَا , dengan harkat dhommah huruf Nun yang pertama dan berharkat kasrah huruf Sin, berasal dari kata النِّسْيَان (melupakan), lawan dari kata الذِّكْرُ (mengingat). Sementara Ibnu Katsir dan Abu ‘Amr membaca نَنْسَأْهَا , dengan berharkat fathah huruf Nun dan huruf Sin serta menetapkan huruf Hamzah, berasal dari kata النَّسْأُ dengan makna mengakhirkan, dari perkataan orang Arab نَسَأْتُ الْإِبِلَ عَنِ الْحَوْضِ إِذَا أّخَّرْتُهَا (aku menunda onta menuju kolam). Searti dengan itu, perkataan sebagian orang Arab, أَنْسَأَ اللهُ أَجَلَكَ (mudah-mudahan Allah menunda ajalmu).

Wa Allahu A’lam ..

Post Author: Administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *