Coding Itu Asyik

Suasana Pelatihan Coding untuk Remaja

MWC NU Tarumajaya sejak 6 September 2020 mengadakan pelatihan Coding / Pemrograman Computer secara gratis yang diperuntukkan untuk remaja 17 tahun ke atas. Setelah berbagai pelatihan Multi Media seperti editing dan pembuatan video dilakukan sebelumnya, MWC NU Tarumajaya kali ini secara lebih luas mengajak putra-putri Warga NU untuk mengikuti pelatihan gratis setiap Hari Minggu di Perum Villa Mutiara Gading tepatnya di kediaman salah satu Mustasyar MWC NU sekaligus bertindak sebagai pelatihnya yaitu Bapak Saptadi Nurfarid.

Mengapa memilih Pemrograman Perangkat Lunak Komputer sebagai program pelatihan untuk remaja dalam lingkar usia IPNU dan IPPNU? Karena usia itu adalah usia emas untuk belajar pemrograman computer, sehingga sangat efektif untuk mempersiapkan remaja dalam menghadapi tantangan kemajuan teknologi 5 tahun ke depan.

Ada banyak alasan melatih mereka untuk menyukai dan lihai meng-coding. salah satunya demand sumber daya manusia ahli Teknologi Informasi sangat besar di Indonesia dan masih banyak resources asing berduyun-duyun mengisi berbagai macam kebutuhan domestic  keahlian  di bidang IT.  Apalagi hampir dipastikan pada masa berakhirnya pandemi Covid-19 ini akan terjadi remapping pelaku ekonomi secara besar di Indonesia maupun dunia karena masa pandemi ini mengubah banyak habit dan kebutuhan masyarakat akan Teknologi Informasi yang efektif. Jika ini tidak segera dimanfaatkan oleh Indonesia nanti kesempatan bisa terlewatkan dan akan jatuh opportunity-nya di tangan ekspatriat yang sangat gurih mengambil pasar industry IT di sini.

Foto Bersama sebagian peserta Coding itu Asyik sebelum pulang

Mengapa Coding itu Asyik sebagai tema pelatihan ini? Karena pelatihan ini berupaya menggunakan model permainan agar anak-anak tertarik dan addicted. Pelatihan ini sengaja mengambil jalur berbeda metode kuliah dan belajar di sekolah. Yang diajarkan adalah cara praktis, cara cepat, dan lebih asik. Tidak sengaja memperkaya teori namun 95 % praktik. Pelatih menyediakan PC bagi yang tidak mempunyai laptop. Karena tujuan MWC NU memang untuk pelatihan para anak-anak yang kurang mampu untuk memiliki laptop.

Oleh sigap dan semangatnya pelatihan yang diadakan MWC NU ini, bebarap minggu lalu kedatangan Mahasiswa KKN dari Universitas STMIK Nusa Mandiri yang juga membantu memberi pelatihan pada adik-adik Angkatan agar mahir dalam ber-coding. Mahasiswa ini juga memberikan pelatihan beberapa dasar pemrograman. Irfan Ahyatullah, nama Mahasiswa KKN ini sudah memberikan dua kali pelatihan yaitu pada tanggal 8 dan 15 November 2020 dengan mengambil sub tema pelatihan koneksi PHP dengan database pada pelatihan pertama dan teknik upload File melalui PHP pada pelatihan kedua.

Kegiatan ini semakin seru karena selain gratis, beberapa kesempatan pelatih menyediakan hadiah untuk quiz-quiz spontan berupa Sarung NU, arloji, dll. Menurut pelatih tidak menutup kemungkinan aka nada hadiah besar untuk menambah semangat para peserta. Di kesempatan lain, MWC NU Tarumajaya juga telah menerima uluran tangan untuk membelikan kaos seragam bagi peserta. Ini menmunjukkan sambutan positip dari berbagai kalangan dengan diadakan pelatihan ini. Ke depan bisa jadi akan menjadi Coding Camp di Tarumajaya yang memuat anak-anak remaja yang sangat kreatif dan jago dalam membuat aplikasi mobile maupun berbasis WEB.

Post Author: Administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *