Go Digital Koperasi Menapak Teknologi dari Masyarakat Ekonomi Bawah

Go Digital pada koperasi dan UMKM begitu didengungkan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM agar terjadi efisiensi biaya dan efektivitas dalam bekerja menjadi satu-satunya pilihan untuk koperasi lebih maju. Koperasi Adanu yang sejak didirikan juga menempatkan kemajuan teknologi sebagai pokok dalam berkoperasi lansung tancap gas dengan melahirkan Aplikasi Mobile yang disebut Adanu Mobile. Setelah sebelumnya menghadirkan aplikasi berbasis web untuk anggota, sekarang untuk lebih detail pada layanan setiap anggota secara detail, koperasi adanu menghadirkan Kembali Adanu Mobile untuk Android.

Koperasi Adanu adalah koperasi yang didirikan oleh warga NU di wilayah NU Ranting Istimewa Perumahan Villa Mutiara Gading, Tarumajaya, Bekasi. Koperasi ini didirikan berawal atas keprihatinan maraknya rentenir di kalangan pedagang dan orang-orang berekonomi menengah ke bawah. Kalangan ini memang terbukti mempunyai kebutuhan finansial relatif kecil dengan proses yang instan sehingga tidak mungkin bisa dipenuhi Lembaga Penjamin Keuangan  seperti Bank dan lain-lain. Tujuan didirikan Adanu juga untuk mendorong kebangkitan ekonomi mandiri terutama setelah diterpa pandemic cukup lama.

Aplikasi memang tampak sederhana namun Adanu mobile sudah memuat semua transaksi yang dilakukan anggota secara online. Semua mencakup transaksi pembayaran simpanan, pembayaran cicilan pinjaman, dan pembelian berbagai kebutuhan pengisian pulsa dan token prepaid juga disediakan.

Selain perpaid service, layanan pembayaran pasca bayar seperti PLN, IndiHome/Speedy Telkom, BPJS, dan PDAM Kabupaten Bekasi juga dapat dilakukan melalui aplikasi Adanu Mobile. Tidak perlu ke loket dan mengantree di loket, dengan menambah saldo deposit koperasi, anggota bisa dengan leluasa melakukan transaksi secara mudah dan aman.

Dengan adanya program Go Digital dari Koperasi Adanu ini sebagai upaya keterbukaan akan laporan kuangan dan kinerja usaha yang dijalankan Koperasi Adanu kepada anggota. Go Digital juga memungkinkan Koperasi Adanu untuk terus upgrade, mengembangkan diri, karena kemajuan teknologi menuntut setiap pelakunya terus maju tidak mungkin jalan di tempat.

Post Author: Administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *