Makna Takdir Mukhoyar dan Takdir Mussayar

Kadang sering kita mendengarkan ungkapan “serahkan saja kepada Allah” kesan yang bisa kita ambil adalah kepasrahan seorang hamba terhadap sang kholiqnya.

Pertanyaannya adalah, apakah segala problematika kehidupan kita begitu saja kita serahkan kepada Allah, tanpa usaha yang maksimal? Tentu saja tidak! Kenapa? coba kita pahami tentang makna ikhtiar/mukhoyyar.

Ikhtiar /mukhoyyar adalah kekuatan yang Allah berikan kepada manusia untuk memilih melaksanakan atau meninggalkan seuatu. Memilih menjadi orang sukses atau sebaliknya.

Kekuatan itu ada pada setiap kita dan pilihan ada di tangan kita, jangan pernah kita menyalahkan diri kita ketika lahir dalam keadaan miskin, terlahir berjenis kelamin apa, dan siapa ibu bapak kita. Karena itu di luar ikhtiar kita manusia, itu musayyarnya Allah, hak prerogatif Allah dan kita tidak bisa memilih siapa bapak ibu kita, apa jenis kelamin kita.

Tapi setelah kita hidup dan tumbuh menjadi dewasa lalu miskin, tidak bahagia, bodoh dan hal lain yang tidak meng enakkan hidup.

Jangan pernah menyalahkan Allah, tapi salahkan diri kita, kenapa kita tidak memaksimalkan potensi yang Allah berikan kepada kita. Yaitu ikhtiar/mukhoyyar.

4/12/2016

  • KH. Abidullah Abdullah

Post Author: Administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *