Pertemuan ke- 8
Pengajian Bulanan Masjid Jamie Assalam Wahana Pondok Ungu, Kec. Babelan, Kab. Bekasi.

Minggu, 7 Februari 2021

Oleh. Ahmad Lahmudin

بَابُ الثُّنائِىِّ
Bab kedua

و المقالة السادسة والعشرون (قيل: كفران النعمة لؤم) أى عدم الشكر للنعمة دليل على دناءة النفس (وصحبة الأحمق) وهو واصع الشيء فى غير محله مع العلم بقبحه (شؤم) أى غير مبارك كما روى الطبرانى عن بشير أنه صلى الله عليه وسلم قال: > اصرم الأحمق- بكسر الهمزة والراء: أى اقطع ودّه, والمعنى لا تصاحبه لقبح حالته ولأن الطباع سراقة وقد يسرق طبعك منه. وروى الترمذى عن ابن عمر وأن النبى صلى الله عليه وسلم قال – خصلتان من كانتا فيه كتبه الله شاكرا صابرا ومن لم تكونا فيه لم يكتبه الله شاكرا ولا صابرا: من نظر فى دينه إلى من هو فوقه فاقتدى به ونظر فى دنياه إلى من هو دونه فحمد الله على ما فضله به عليه كتبه الله شاكرا صابرا ومن نظر فى دينه إلى من هو دونه ونظر فى دنياه إلى من هو فوقه فأسف على ما فاته لم يكتبه الله شاكرا ولا صابرا< اھ هذا الحديث جامع لجميع أنوار الخير.

Nasihat ke dua puluh enam (Dikatakan, “Kufur nikmat merupakan kehinaan”). Maksudnya, “Tidak bersyukur atas nikmat yang diberikan adalah tanda sebagai pribadi yang hina” (“Berteman kepada orang yang bodoh). Orang yang bodoh adalah pribadi yang menempatkan sesuatu kepada yang bukan tempatnya. Padahal ia mengetahui hal tersebut. (merupakan suatu kemalangan”), maksudnya adalah tidak mendapatkan keberkahan. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh at-Thabrani dari Basyir, sesungguhnya Nabi Shallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda <“Tinggalkanlah orang yang bodoh!”>. Lafaz اصرم , dengan harkat kasrah huruf Hamzah dan huruf Ra, maknanya yaitu اقطعْ ودَّه (Berhentilah untuk mencintai orang yang bodoh!). Maksudnya adalah, “Jangan engkau berteman kepada orang yang bodoh, sebab buruk keadaannya. Tabiat merupakan pencuri, dan ia akan mencuri watakmu!” Diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi dari Ibnu Umar, sesungguhnya Nabi Shallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda; <“Dua perkara, yang barang siapa berada di dalamnya maka akan dicatat oleh Allah sebagai hamba yang bersyukur serta sabar. Dan barang siapa yang tidak mendapatkan keduanya maka tidak dicatat sebagai hamba yang sabar dan bersyukur. Barang siapa yang memandang di dalam persoalan agamnya, kepada orang yang berada di atasnya kemudian ia mengikutinya. Sedangkan di dalam persoalan dunianya, ia melihat kepada orang yang berada di bawahnya kemudian mengucapkan ‘Alhamdulillah’ atas apa yang telah Allah berikan kelebihan kepadanya. Maka ia akan tercatat oleh Allah sebagai hamba yang bersyukur juga sabar. Barang siapa yang melihat di dalam persoalan agamanya kepada orang yang lebih rendah derajatnya, dan melihat di dalam persoalan dunianya kepada orang yang berada di atasnya, kemudian marah sebab ia tidak memiliki apa yang orang lain miliki, maka Allah tidak akan mencatatnya sebagai orang yang bersyukur dan sabar”>. Hadis ini mencakup kepada seluruh macam kebaikan.

و المقالة السابعة والعشرون (قال الشاعر) من بحر الكامل المجزو:

Nasihat yang ke dua puluh tujuh. (Seorang penyair berkata), termasuk ke dalam bahar kamil majzuw;

يا من بدنياه اشتغلْ قد غرّه طول الأملْ
أو لم يزل فى غفلة حتى دنا منه الأجل
الموتُ يأتى بغتتة والقبر صندوق العمل
اصبرْ على أهوالها لا موتَ إلا بالأجل

‘Barang siapa yang sibuk dengan dunianya. Maka sungguh ia telah diperdaya oleh panjang angan-angan’
‘Atau ia terus menerus dalam kelupaan, sehingga dekat kepadanya waktu kematian’
‘Kematian datang secara tiba-tiba. Adapun kubur merupakan kotak tempat menyimpan amal’
‘Bersabarlah atas hal-hal yang menyusahkan dari dunia. Sebab tidak ada kematian terkecuali telah tiba saatnya’

وروى الديلمى أنه صلى الله عليه وسلم قال – ترك الدنيا أمرّ من الصبر وأشدّ من حطْمِ السيوف فى سبيل الله ولا يتركها أحدٌ إلا أعطاه الله مثل ما يعطى الشهداءَ, وتركُها قلّةُ الأكل والشِّبَعِ وبُغْضُ الثناءِ من الناس فإنه مَنْ أحبَّ الثناء من الناس أحب الدنيا ونعيمها, ومن سَرَّه النعيمُ كلَّ النعيم فلْيدع الدنيا والثناء من الناس- وروى ابن ماجه أنه صلى الله عليه وسلم قال – من كانتْ نيته اﻟﺂخرةَ جمع الله شَمْله وجعل غناه فى قلبه وأتته الدنيا راغمةً ومن كانت نيته الدنيا فرّق الله عليه أمره وجعل فَقْره بين عينيه ولم يأته من الدنيا إلا ما كتب له-

Ad-Dailami meriwayatkan, sesungguhnya Nabi Shallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: (Meninggalkan dunia itu lebih pahit dari sabar, lebih pedih dari goresan pedang di jalan Allah. Seseorang yang meninggalkan dunia akan Allah berikan semisal apa yang diberikan kepada para syuhada. Meninggalkan dunia, yaitu menyedikitkan makan, menyedikitkan kenyang, tidak senang kepada pujian manusia. Sesungguhnya, orang yang senang dengan pujian manusia akan mencintai dunia dan kenikmatan-kenikmatannya. Barang siapa yang merasa bahagia dengan segala kenikmatannya maka tinggalkanlah dunia dan pujian dari manusia).

Ibnu Majah meriwayatkan, sesungguhnya Nabi Shallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: Barang siapa yang niatnya karena akhirat maka Allah akan kumpulkan dalam cakupan-Nya, diperkaya hatinya, dan dunia datang kepadanya dalam keadaan hina. Dan barang siapa yang niatnya karena dunia maka Allah akan cerai berakan urusannya, Allah jadikan kebutuhannya berada di hadapannya, dan tidak diberikan dunia kecuali sesuatu yang telah ditentukan teruntuknya)

و المقالة الثامنة والعشرون (عن أبى بكرٍ) دُلَفْ بن جحدر (الشبلى رحمه الله تعالى) بغدادىٍّ المولدِ والْمَنشَأِ صَحْبِ الجُنيد ومن فى عصره مالكى المذهب عاش سبعا وثمانين سنة ومات سنةُ أربعٍ وثلاثين وقبره ببغدادَ (وهو من عظماء العارفين) بالله تعالى (قال) فى مناجاته إلهى (إنى أحب أن أهب لك جميع حسناتى مع فقرى) أى احتياجى للحسنات (وضُعْفى) أى عجزى عن إكثار العبادات (فكيف لا تحب سيدى) بحذف حرف النداء (أن تهب لى) أى تسمح لى (جميع سيئات مع غِناك مولاىَ عنى) أى عذابى فان سيئاتى لا تضرك وحسناتى لا تنفعك, وقد أجازنى بعضُ الفضلاء أن أقرأ بعد صلاة الجمعة سبع مرات هذه الأبيات الثلاثة من بحر الوافر:

Nasihat yang ke dua puluh delapan (Dari Abu Bakr Dulaf bin Jahdar as-Syibli Rahimahullah Ta’ala). Asal dan tempat kelahirannya adalah Baghdad, sahabat dari al-Junaid dan orang semasanya, bermazhab Maliky, usianya 87 tahun, meninggal pada tahun 334 H, dan dikuburkan di Baghdad. (Dia termasuk tokoh terkemuka dari orang-orang yang ma’rifat kepada Allah). Dia berkata dalam munajatnya; (Wahai Tuhanku, aku senang untuk memberikan seluruh kebaikan-kebaikanku teruntuk-Mu, namun aku tidak mampu memberikannya, tidak pula diriku memiliki kemampuan untuk meperbanyak ibadah. Wahai Tuhanku, bagaimana Engkau tidak suka untuk mentolerir setiap kesalahanku. Engkau Maha Kaya, tidak butuh untuk mengazabku. Dosa-dosaku tidak akan membahayakan-Mu. Kebaikan-kebakanku tidak akam memberikan manfaat kepada-Mu.

Sebagian orang-orang yang memiliki keutamaan telah memberikan ijazah kepadaku, setelah shalat jum’at agar membaca bait-bait ini, yang termasuk ke dalam bahar wafir, sebanyak tujuh kali;

إلهى لست للفردوس أهلا ولا أقوى على نار الجحيم
فهب لى زَلّتى واغفر ذنوبى فانك غافر الذنب العظيم
وعاملنى معاملةَ الكريم وثَبِّتْنى على النهج القويم

‘Wahai Tuhanku! Tidak layak surga Firdaus teruntukku. Namun, tidak kuat diriku dari neraka Jahim ..
Berikanlah dosa-dosaku teruntukku. Ampunilah dosa-dosaku. Sesungguhnya Engkau yang mengampuni setiap dosa yang besar ..
Perlakukanlah diriku, sebagaimana memperlakukan orang yang mulia. Tetapkanlah diriku menuju jalan yang lurus ..’

Wa Allahu A’lam …

Post Author: Administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *