Kitab Ghaitsul Mawahib Al Aliyyah fi Syarhil Hikami Al ‘Athoiyah

Pertemuan ke – 44

Syekh Abi Abdullah Muhammad bin Ibrahim bin ‘Abbad An Nafazi Ar Randi

Ranting NU Bogasari dan HMR

Selasa, 9 Maret  2021

Oleh. Ahmad Lahmudin

لا تَرفعنّ إلى غيره حاجة هو مُوردها عليك, فكيف يرفع غيره ما كان هو له واضعا, من لا يستطيع أن يرفع حاجة عن نفسه فكيف يستطيع أن يكون لها عن غيره رافعا؟!

‘Sungguh, jangan engkau hadapkan kepada selain Allah setiap kebutuhan atau musibah. Dia yang mendatangkannya kepadamu. Bagaimana mungkin selain-Nya dapat menghilangkan sesuatu yang merupakan ciptaan-Nya? Barang siapa yang tidak mampu menghilangkan kebutuhan atau musibah dari dirinya sendiri, bagaimana mungkin dia mampu menjadi solusi bagi orang lain?!’

Ketika Allah Ta’ala mendatangkan kebutuhan atau menurunkan musibah kepadamu, maka ketahuilah bahwa tidak ada selain-Nya yang dapat menghilangkannya. Sebab mustahil bagi selain-Nya dapat menghilangkan sesuatu yang merupakan ciptaan-Nya. Di samping kayakinan bahwa tidak ada pencipta selain-Nya. Dia yang Maha Menguasai setiap persoalan. Tidak ada seorang pun yang mengalahkan-Nya. Mustahil pula seseorang dapat menghilangkan kebutuhan atau musibah dari dirinya, oleh sebab sifat lemahnya. Termasuk bagian dari mustahil, yaitu engkau gantungkan kebutuhan dan musibah yang menimpamu kepada orang lain yang statusnya sama sepertimu dalam hal butuh.

Sebagian dari ulama sufi berkata;

من اعتمد على غير الله فهو في غرور مما لا يدوم, ولا يدوم شيء سواه, وهو الدائم القديم الذي لم يزل ولا يزال, وعطاؤه وفضله دائمان, فلا تعتمد إلا على من يدوم عليك منه الفضل والعطاء في كل نفس وحين وأوان وزمان.

‘Barang siapa yang bersandar kepada selain Allah maka dia berada dalam kebatilan yang tidak kekal. Tidak akan kekal sesuatu selain Allah. Dia yang Maha Abadi, Maha Terdahulu, yang tidak akan punah, tidak pula bisa dihilangkan. Pemberian dan karunia-Nya terus abadi. Maka jangan pernah bersandar kecuali kepada Dzat yang pemberian dan karunia-Nya selalu ada teruntukmu, di setiap helaan nafas, waktu, masa, dan zaman’Wa Allahu.

Ta’ala Waliyyu at-Taufik

Post Author: Administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *