Budidaya Maggot di NU Tarumajaya

Minggu sore (21/03), bertempat di sekretariat NU Ranting Villa Mutiara Gading, Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya diadakan pertemuan lanjutan terkait dengan program pemberdayaan ekonomi warga nahdlyiin.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh pengurus MWC dan Ranting NU se- Kecamatan Tarumajaya, pengurus Anshor dan Banser Kecamatan Tarumajaya, serta IPNU-IPPNU Kecamatan Tarumajaya.

Budidaya maggot atau belatung dari lalat jenis black soldier sebagai pilihan usaha pemberdayaan ekonomi untuk pakan ternak. Pilihan maggot didasarkan kepada nilai ekonomisnya yang sangat menjanjikan karena maggot memiliki protein yang tinggi.

Hasil rapat mengagendakan enam kegiatan.

Pertama, pendaftaran dan pembentukan Tenaga Kelompok Masyarakat (TKM) tahap I harus sudah terbentuk paling lambat Jum’at 26 Maret 2021.

Kedua, training pertama dimulai pada Minggu, 28 Maret 2021 bertempat di Wisata Ikan dengan masing-masing diwakili 3 orang.

Ketiga, peserta training akan difasilitasi pelatihan gratis dan diberikan masing-masing 10gr telur maggot, 2 Baki standard industri, Pur 511 10kg, dan Katul Fermentasi 20kg.

Keempat, syarat ikut TKM harus mendaftar menjadi anggota koperasi Adanu Ranting NU Villa Mutiara Gading, dengan pembayaran awal 100rb sebagai simpanan pokok dan 50rb sebagai simpanan wajib setiap bulan.

Kelima, setiap Kelompok menunjuk minimal satu orang Ketua.

Keenam, pertemuan diadakan sebanyak 3 kali dengan masa pembinaan selama 25 hari sesuai umur maggot eksklusif. Pertemuan kedua rencananya akan dibarengkan dengan kunjungan Dinas KKP Kabupaten Bekasi dalam rangka mencari koperasi2 yang berpotensi penghasil pakan maggot.

Post Author: Administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *