Pengajian kitab Fathul Mu’in bi Syarhi Qurratul ‘Ain (ke- 43)

Syekh Zainuddin Abdul Aziz Al-Malibari

Ranting NU Bogasari dan HMR

Sabtu, 18 September 2021

Oleh. Ahmad Lahmudin

فرع – يسن لمأموم فرغ من الفاتحة فى الثالثة أو الرابعة أو من التشهد الأول قبل الإمام أن يشتغل بدعاء فيهما أو قراءة فى الأولى وهي أولى

Cabang/Sub bagian. Disunahkan bagi makmum yang telah usai membaca surat al-Fatihah pada rakaat yang ketiga atau rakaat yang keempat, atau usai membaca bacaan tasyahud yang pertama, sebelum usai bacaan imamnya, yaitu menyibukkan diri dengan bacaan doa, atau menyibukkan diri dengan membaca ayat al-Qur’an, dan membaca ayat al-Qur’an pada masalah yang pertama (usai membaca al-Fatihah pada rakaat ketiga atau rakaat yang keempat) itu lebih utama ketimbang membaca doa.

و – يسن للحاضر (فى) صلاة (جمعة وعشائها) سورة (الجمعة والمنافقون أو سبح وهل أتاك و) فى (صبحها) أى الجمعة إذا اتسع الوقت (الم تنزيل) السجدة (وهل أتى و) فى مغربها (الكافرون والإخلاص) ويسن قراءتهما فى صبح الجمعة وغيرها للمسافر وفى ركعتي الفجر والمغرب والطواف والتحية والاستخارة والإحرام للاتباع فى الكل.

Disunahkan di shalat Jum’at dan shalat isyanya hari Jum’at bagi yang tidak dalam masa bepergian yaitu membaca surat al-Jumu’ah dan surat al-Munafiqun, atau membaca Sabbihis (surat al-A’la) dan Hal Ataka (surat al-Gasyiyah). Pada subuh hari Jum’at, apabila waktu masih luas, sunah membaca Alif Laammim (surat as-Sajdah) dan Hal Ata (surat al-Ghasyiyah), pada maghrib Jum’at sunah membaca surat al-Kafirun dan surat al-Ikhlas. Bagi orang yang sedang melakukan perjalanan, sunah membaca surat al-Kafirun dan surat al-Ikhlas pada subuh hari Jum’at dan pada shalat lainnya, juga pada dua rakaat sebelum shalat subuh, dua rakaat sebelum shalat maghrib, dua rakaat untuk tawaf, tahiyyatul masjid, istikharah, dan ihram. Kesunahan membaca surat al-Kafirun dan surat al-Ikhlas di semua dua rakaat tersebut berdasarkan kepada apa yang telah dilakukan olen Nabi.    

فرع – لو ترك إحدى المعينتين فى الأولى أتى بهما فى الثانية أو قرأ فى الأولى ما فى الثانية قرأ فيها ما فى الأولى ولو شرع  فى غير السورة المعينة ولو سهوا قطعها وقرأ المعينة ندبا Cabang/Sub bagian. Apabila seseorang meninggalkan salah satu dari dua surat yang telah ditentukan oleh nas pada rakaat pertama, maka dia membaca kedua surat tersebut pada rakaat kedua. Atau dia

membaca pada rakaat pertama kepada surat yang diperuntukkan bagi rakaat yang kedua, maka dia membaca pada rakaat kedua surat yang seharusnya dibaca pada rakaat pertama. Seandainya dia memulai dengan membaca surat selain surat yang telah ditentukan oleh nas, meskipun memulainya dengan kondisi lupa, maka sunah dia memutusnya dan menggantinya dengan surat yang ditentukan oleh nas.

وعند ضيق وقت سورتان قصيرتان أفضل من بعض الطويلتين المعينتين خلافا للفارقي ولو لم يحفظ إلا إحدى المعينتين قرأها ويبدل الأخرى بسورة حفظها وإن فاته الولاء ولو اقتدى فى ثانية صبح الجمعة مثلا وسمع قراءة الإمام هل أتى فيقرأ فى ثانيته إذا قال بعد سلام الإمام الم تنزيل كما أفتى به الكمال الرداد وتبعه شيخنا فى فتاويه لكن قية كلامه فى شرح المنهاج أنه يقرأ فى ثانيته إذا قام هل أتى وإذا قرأ الإمام غيرها قرأهما المأموم فى ثانيته وإن أدرك الإمام فى ركوع الثانية فكما لو لم يقرأ شيئا فيقرأ السجدة وهل أتى فى ثانيته كما أفتى به شيخنا.

Membaca dua surat pendek ketika waktu sempit itu lebih utama ketimbang sebagian dua surat yang panjang yang telah ditentukan oleh nas, namun berbeda dengan pendapat Abu Nashr al Hasan al-Fariqi. Seandainya dia tidak hafal terkecuali salah satu dari dua surat yang telah ditentukan oleh nas, maka dia baca surat tersebut dan mengganti surat yang tidak hafal dengan surat yang dia hafal meskipun tidak berurutan. Seandainya dia ikut pada rakaat kedua semisal shalat subuh hari Jum’at dan dia mendengar imam membaca Hal Ataa, maka dia membaca saat berdiri untuk rakaat keduanya setelah imam mengucapkan salam dengan bacaan Alif Laam Mim Tanzilul, sebagaimana fatwa al Kamal ar Raddad, dengan diikuti oleh pendapat Syaikhuna Ibnu Hajar al-Haitami di dalam kitab al Fatawanya. Namun, ketentuan dari ungkapan Ibnu Hajar al-Haitami di dalam Syarah al-Minhaj, yaitu dia membaca saat berdiri di rakaat keduanya bacaan Hal Ataa. Apabila Imam membaca selain Hal Ataa pada rakaat kedua, maka makmum pada rakaat keduanya membaca surat as-Sajdah dan Hal Ataa. Apabila makmum mendapati imamnya di ruku rakaat yang kedua, maka kondisi makmum seakan tidak membaca apapun, oleh karenanya makmum pada rakaat keduanya membaca surat as-Sajdah dan Hal Ataa, sebagaimana fatwa Syaikhuna sebelumnya.    

Wa Allahu A’lam bi Shawab .. 

Post Author: Haikal Syah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *