Pengajian kitab Fathul Mu’in bi Syarhi Qurratul ‘Ain (ke- 44)

Syekh Zainuddin Abdul Aziz Al-Malibari

Ranting NU Bogasari dan HMR

Sabtu, 25 September 2021

Oleh. Ahmad Lahmudin

تنبيه – يسن الجهر بالقرائة لغير مأموم في صبح وأوليى العشاءين وجمعة وفيما يقضى بين غروب الشمش وطلوعها وفى العيدين قال شيخنا ولو قضاء والتراويح ووتر رمضان وخسوف القمر ويكره للمأموم الجهر للنهى عنه ولا يجهر مصل وغيره إن شوش على نحو نائم أو مصل فيكره كما فى المجموع وبحث بعضهم المنع من الجهر بقرآن أو غيره بحضرة المصلى مطلقا لأن المسجد وقف على المصلين أى أصالة دون الوعاظ والقراء ويتوسط بين الجهر والإسرار فى النوافل المطلقة ليلا.

Perhatian! Disunahkan membaca ayat dengan suara keras bagi selain makmum pada shalat subuh, di dua awal rakaat shalat isa dan maghrib, shalat jumat, shalat yang diqhodo di waktu antara terbenamnya matahari dan terbitnya matahari, dan shalat Idul Fitri serta Idul Adha. Berkata Syeikhuna, Ibnu Hajar al-Haitami, Shalat Idul Fitri dan Idul Adha dibaca dengan suara keras, meskipun ketika diqhodo. Juga pada shalat tarawih, shalat witir pada bulan Ramadhan, dan shalat gerhana bulan. Makruh bagi makmum untuk mengeraskan bacaan ayat, sebab ada larangan mengeraskan suara di belakang imam. Tidak diperbolehkan mengeraskan bacaan ayat bagi orang yang sedang shalat atau selainnya (seperti pembaca al-Qur’an, penceramah, dan pengajar) jika mengganggu kepada seumpama orang yang sedang tidur atau orang yang sedang shalat. Hukum mengganggu tersebut adalah makruh, sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Nawawi dalam kitab al-Majmu. Sebagian ulama melarang mengeraskan bacaan al-Qur’an atau lainnya di hadapan orang yang sedang shalat, baik mengganggu atau tidak, sebab masjid pada dasarnya merupakan waqaf untuk orang-orang yang shalat, bukan untuk para penceramah dan pembaca al-Qur’an. Pada shalat sunah apapun, yang dilakukan di malam hari maka dibaca sedang, antara suara keras dan samar.    

وسن – لمنفرد وإمام ومأموم (تكبيرة فى كل خفض ورفع) للاتباع (لا) فى رفع (من ركوع) بل يرفع منه قائلا سمع الله لمن حمده. Sunah bagi orang yang shalat sendiri, bagi imam dan makmum, yaitu membaca takbir saat turun dan naik, karena mengikuti perbuatan Nabi. Tidak di sunahkan membaca takbir ketika naik dari ruku, namun disunahkan ketika naik dari ruku membaca سمع الله لمن حمده .

وسن – (مده) أى التكبير إلى أن يصل إلى المنتقل إليه وإن فصل بجلسة الاستراحة.

Disunahkan memanjangkan bacaan takbir hingga berakhir di rukun yang dipindah, meskipun dipisah dengan duduk istirahat.

وسن – (جهر به) أى بالتكبير للانتقال كالتحرم (لإمام) وكذا مبلغ احتيج إليه لكن إن نوى الذكر أو الإستماع وإلا بطلت صلاته كما قال شيخنا فى شرح المنهاج قال بعضهم إن التبليغ بدعة منكرة باتفاق الأئمة الأربعة حيث بلغ المأمومين صوت الإمام.

Disunahkan mengeraskan bacaan takbir dalam rangka berpindah ke satu rukun lain, sebagaimana sunah mengeraskan bacaan takbir pada takbiratul ihram, bagi imam, juga bagi muballigh (penyambung suara imam kepada makmum) saat dibutuhkan, dengan syarat muballigh berniat untuk zikir atau berniat zikir dan untuk memperdengarkan. Jika hanya berniat untuk memperdengarkan maka shalatnya dianggap batal, sebagaimana yang dikatakan oleh Syaikhuna, Ibnu Hajar al-Haitami dalam kitab Syarah al-Minhaj. Sebagian ulama berkata, Sesungguhnya menyambung suara imam kepada makmum merupakan bid’ah munkarah (makruh) berdasarkan kesepakatan imam yang empat, disebabkan ia menyampaikan suara imam kepada makmun di saat ia harus sibuk dengan dirinya sendiri.  

وكره – أى الجهر به (لغيره) من منفرد ومأموم.     

Makruh mengeraskan bacaan takbir bagi selain imam, yaitu bagi orang yang shalat sendirian dan bagi makmum.

Wa Allahu A’lam bi Shawab .. 

Post Author: Haikal Syah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *