
ولا يجوز الابتدا بالنكرة ما لم يفد كعند زيد نمرة
وهل فتى فيكم فما خل لنا ورجل من الكرام عندنا
ورغبة فى الخير خير وعمل بر يزين وليقس ما لم يقل
Tidak diperbolehkan menjadikan Mubtada dari isim Nakiroh, selama isim Nakiroh tersebut tidak memiliki faedah. Faedah tersebut bisa ditemukan, apabila; Pertama, Khobar mendahului Mubtada, dengan syarat Khobarnya terdiri dari Jar Majrur atau Zorof, seperti, فى الدار رجل (ada laki-laki di dalam rumah) dan عند زيد نمرة (Zayid memiliki kain wol yang bergaris-garis). Kedua, isim Nakiroh didahului oleh Istifham, seperti, هل فتى فيكم (apakah ada seorang pemuda di sisi mu?). Ketiga, isim Nakiroh didahului oleh Nafi, seperti, ما خل لنا (tidak ada persahabatan di antara kita). Keempat, isim Nakiroh disifatkan, seperti رجل من الكرام عندنا (laki-laki yang mulia berada di samping kami). Kelima, isim Nakiroh menjadi ‘amil (kalimat perintah), seperti, رغبة فى الخير خير (senang kepada kebaikan adalah baik). Keenam, isim Nakiroh menjadi Mudhof, seperti عمل بر يزين (amal baik itu dapat memperindah diri).
Apa yang tidak diungkapkan dari isim Nakiroh yang memiliki faedah di atas, dipersilahkan untuk dianalogikan, sehingga tidak dicukupkan hanya kepada enam faedah, seperti isim Nakiroh yang memiliki makna ta’ajjub, ما احسن زيدا (alangkah gantengnya Zayid), atau isim Nakiroh yang bermakna doa, seperti سلام على ال ياسين (semoga keselamatan tercurah bagi keluarga Nabi Muhammad), dan faedah yang lainnya … (Hal. 33)
